5 Tokoh Indonesia Yang Dijadikan Nama Jalan Di Belanda

Posted by Abang Kiv Tuesday, September 10, 2013 0 comments
Untuk mengenang para tokoh pahlawan, bisa dibuatkan monumen atau nama jalan atas nama tokoh pahlawan tersebut. Ternyata tidak hanya di Indonesia saja para tokoh pahlawan Indonesia dikenang. Di Belanda, berbagai nama tokoh pahlawan dijadikan nama jalan di berbagai pelosok. Berikut ini adalah nama 5 tokoh Indonesia yang diabadikan menjadi nama jalan di Belanda.
1. Sutan Sjahrir


Sutan Syahrir adalah seorang politikus dan perdana menteri pertama Indonesia. Ia pernah menimba ilmu di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam dan kemudian pindah ke Leiden School of Indology. Dengan pergaulan Syahrir di kalangan cendikiawan dan aktivis politik Leiden, nama Syahrir mencuat sehingga diabadikan menjadi nama jalan di kota Leiden, tempat di mana Ia menimba ilmu di Belanda.

2. Munir Said Thalib



Munir Said Thalib, yang dikenal dengan nama Munir, merupakan pria keturunan Arab yang merupakan aktivis HAM Indonesia. Jabatan terakhirnya adalah Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Indonesia Imparsial.

3. Mohammad Hatta




Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta adalah pejuang, negarawan, dan juga Wakil Presiden Indonesia pertama. Selain di kenang di Indonesia, nama Mohammad Hatta juga diabadikan di sebuah jalan kawasan Haarlem. Nama Mohammed Hattastraat terpapmpang di kawasan perumahan Zuiderpolder sejak 1987. Pemberian nama ini ditetapkan oleh pejabat Walikota R.H Claudius dengan alasan bahwa Hatta merupakan tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah menimba ilmu di Belanda serta merupakan aktivis Indonesia.

4. Irawan Soejono



Irawan Soejono adalah seorang mahasiswa Indonesia yang diakui oleh Belanda sebagai pahlawan negara tersebut karena perjuangannya melawan Jerman Nazi di bawah Hitler. Untuk mengenang jasanya, namanya diabadikan di sebuah jalan di kota Amsterdam. Pada masa Perang Dunia II, Irwan Soejono adalah anggota Perhimpunan Indonesia di Belanda. Ayahnya adalah Adipati Ario Soejono, orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai menteri dalam Kabinet Belanda.

5. Raden Ajeng Kartini



Raden Adjeng Kartini atau Raden Ayu Kartini dikenal sebagai pejuang hak perempuan baik di Indonesia maupun di negeri Belanda. Masyarakat di Belanda mengenal Kartini sebagai wanita pejuang hak perempuran yang berasal dari Indonesia. Tidak heran memang jika namanya dapat ditemukan di kota Utrecht, serta kota Venlo, Amsterdam dan Haarlem.

source : www.unik.ws
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: 5 Tokoh Indonesia Yang Dijadikan Nama Jalan Di Belanda
Ditulis oleh Abang Kiv
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://abang-kiv.blogspot.com/2013/09/5-tokoh-indonesia-yang-dijadikan-nama.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of BERBAGI ILMU BERBAGI AMAL.